Bibirku Cantik, Bibirku Sayang

Bibir memiliki kulit yang tipis dibandingkan kulit di bagian tubuh lainnya. Letaknya yang langsung terkena paparan debu, angin, dan matahari membuatnya rentan terkelupas dan sering kali terlewatkan. Berikut adalah langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat bibir Anda.

Langkah 1: Persiapan
“Kulit di bibir sangat tipis dan sedikit pigmen alami, jadi sangat rentan terkena kerusakan akibat matahari dan kekeringan,” terang Erin Welch, M D, dermatologis dari Denver Dermatology Consultants. Setelah Anda mandi dan menyikat gigi, ambil waslap yang sudah dicelupkan dalam air hangat, dan tekan-tekan bibir Anda menggunakan kain ini. Dilakukan sebagai persiapan langkah berikutnya.

Langkah 2: Eksfoliasi lembut
Sekali seminggu, angkat kulit mati di bibir. Caranya, ambil sedikit lip balm, campur dengan sedikit gula pasir secukupnya. Dengan jari bersih, gunakan campuran tersebut untuk menggosok lembut bibir dengan gerakan memutar, kira-kira satu menit. Gula pasir tersebut berguna untuk mengangkat kulit mati, sementara lip balm tadi menjaga dan membuat kulit, yang luka karena kekeringan, tetap lembap.

Langkah 3: Berikan pelembap
Untuk memastikan bibir tetap dalam keadaan lembap, aplikasikan salep bibir yang mengandung shea butter atau petroleum jelly. Kandungan ini akan menjaga lapisan atas bibir dan mencegah kekeringan.

Langkah 4: Aplikasikan tabir
Sinar matahari adalah musuh terbesar kulit, termasuk bibir. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya dengan kadar perlindungan SPF 15 atau lebih tinggi setiap harinya. Mengenakan tabir surya bisa membantu menghambat sinar matahari yang menyebabkan kanker, sekaligus memperlambat kehilangan kolagen, juga menghambat perkembangan kerut.

Langkah 5: Kenakan pewarna bibir
Jika Anda sudah yakin bibir Anda dalam keadaan aman, Anda bisa mengenakan lipstik apa pun yang Anda inginkan. Jika lipstik Anda sudah mengandung tabir surya, Anda bisa melewati langkah 4.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: