Perawatan Diri di Rumah

Kita mungkin menganggap sepele nasihat-nasihat nenek atau ibu yang mengharuskan kita makan sup ayam supaya cepat sembuh dari flu. Atau ketika ibu mengharuskan kita menaruh seledri di rambut. Namun, ternyata bahan-bahan alami atau yang terdapat di rumah pun bisa membantu kita supaya lebih sehat. Berikut bahan-bahan yang dipercaya bisa membantu kita, seperti dituturkan Jane Buckingham, penulis The Modern Girl’s Guide to Life.

Bawang Putih
Bawang putih dipercaya bisa membunuh virus dan bakteri yang menyebabkan flu dan demam. Tak harus langsung dimakan mentah-mentah. Bawang putih bisa memasukkannya dalam menu makan Anda saat merasa sudah ada gejala-gejala flu atau demam. Bisa dimasukkan dalam makanan oseng-oseng atau pasta.

Saus Sambal
Sering dengar teman-teman yang mengatakan, susah makan tanpa rasa pedas? Mungkin terdengar tak baik untuk perut, karena pedas tak selalu berhubungan baik dengan asam lambung. Namun, dipercaya pula bahwa rasa pedas dari saus sambal juga berfungsi sebagai ekspektoran. Mengkonsumsi makanan pedas secara rutin membantu mengurangi sekresi demam dan alergi, sekaligus mendorong metabolisme.

Oatmeal
Campur setengah bungkus (atau 1,5 cangkir) oatmeal instan dengan air panas, biarkan mendingin perlahan, lalu ratakan di wajah Anda. Ini akan membantu menenangkan wajah sekaligus sebagai eksfolian lembut. Biarkan menyerap di wajah Anda selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

Susu dan Madu
Bak Cleopatra, campurkan setengah gelas madu cair dan tiga cangkir susu bubuk ke dalam air rendaman untuk mandi. Nikmati wangi dan halusnya kulit setelahnya.

Telur
Untuk kulit berminyak, kocok putih telur lalu ratakan di wajah Anda sebagai masker wajah. Untuk mengangkat komedo, bisa tambahkan sari lemon. Untuk kulit kering, lakukan hal yang sama namun ganti putih telur dengan kuning telur, beri tambahan 1 sendok teh madu. Biarkan selama 10 menit di seluruh wajah Anda, lalu bersihkan dengan air bersih hangat.

Aspirin
Ya, obat ini memang untuk sakit kepala. Namun juga ampuh mengatasi tumit kapalan atau berkerak. Hancurkan 5-6 pil, lalu camourkan dengan setengah sendok teh air dan setengah sendok teh sari lemon. Tutup tumit kapalan dengan campuran tadi dalam handuk kecil yang sudah direndam air hangat, biarkan selama 10 menit. Campuran tadi akan menghaluskan kulit kapalan dan memudahkan untuk dibuang menggunakan batu apung.

Yogurt
Bebaskan masalah perut dengan mengkonsumsi yogurt. Yogurt dengan bahan aktif L.acidophilus bisa membantu mengatasi masalah pencernaan. Pastikan yogurt yang digunakan yang memiliki bahan aktif dan belum dipasteurisasi. Bisa ditemui di toko-toko kesehatan dan toko besar lainnya.

Mayones
Konon mayones bisa membantu memberikan kelembutan rambut. Aplikasikan mayones di sepanjang batang rambut Anda, lalu bungkus dengan shower cap plastik, biarkan selama 15 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat.

source: Modern Girl’s Guide to Life

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: