Agar Bisnis Bergairah, Perbankan Diminta Permudah Kredit Perajin Batik

BANDUNG, SELASA – Perbankan diminta mempermudah kredit untuk para perajin batik agar usaha pakaian tersebut lebih bergairah. Kemudahan itu berupa alokasi kredit mikro untuk perajin batik yang diperbesar dan suku bunganya lebih ringan.

Ketua Harian Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) Komarudin Kudiya di Bandung, Selasa (3/3), mengatakan, saat ini, suku bunga kredit konvensional untuk perajin batik sekitar 16 persen per tahun. Angka itu diminta turun menjadi 6 persen per tahun .

Komarudin mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan direksi Bank Jabar pekan lalu. Ia meminta agar perajin batik mendapat kemudahan kredit. Langkah yang sama perlu diikuti terutama untuk bank-bank pemerintah seperti BNI, BRI, dan lain-lain.

Menurut Komarudin, YBJB juga meminta Bank Jabar menerapkan program tanggung jawab sosial perusahaan dalam bentuk bantuan kepada perajin di sentra-sentra batik seperti Kabupaten Cirebobn, Garut, dan Indramayu. Sebagai stimulan, YBJB telah membagikan tiga kompor dan tabungnya kepada para perajin di Desa Trusmi, Kacamatan Weru, Kabupaten Bandung.
sumber : kompas

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: