Kurangi Stess Saat di Kantor

stressSegala tekanan di kantor membuat Anda pusing, mengernyit, dan selalu menatap ke arah jam sambil berharap jarum pendek sudah mengarah ke angka 6? Wah, tanda-tandanya Anda berada dalam tekanan tinggi. Coba tips-tips di bawah ini untuk mengurangi stres saat Anda di kantor.

1. Pijat Diri Sendiri
Jika pergi ke spa atau tempat pemijat sudah tak sempat, Anda bisa mencoba memijat diri sendiri. Lakukan:
– Pundak: Gunakan tangan kiri untuk memijat pundak sebelah kanan, dan sebaliknya. Pijat sisi-sisi leher, turun ke pundak, hingga lengan dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari.
– Kaki: Tekuk paha dan betis Anda. Tekan-tekan secara perlahan paha dan betis Anda menggunakan kepalan tangan untuk mengurangi kekakuan dari duduk terlalu lama.
– Tangan: Dengan gerakan memutar, gunakan ujung jari, pijat di antara otot tendon tangan Anda di sekitar persendian. Regangkan jari-jari Anda.

2. Selesaikan yang Mudah
Setiap hari rasanya tenggelam di antara lautan tugas-tugas? Coba kerjakan yang ’kecil-kecil’ terlebih dahulu secepatnya. Contohnya, kirimkan e-mail yang harus dibalas, telepon klien-klien, fotokopi, atau apapun tugas yang tak terlalu memusingkan terlebih dahulu. Sehingga ini akan mempermudah Anda menyelesaikan tugas-tugas yang ’berat’ di belakang.

3. Tidur Siang
Terdengar mustahil? Jika Anda menyelesaikan tugas-tugas kecil tanpa menundanya, bisa jadi Anda memiliki waktu sisa. Hanya dengan waktu 20 menit untuk tidur siang saja bisa membantu melepaskan penat dan stres –tidur siang terlalu lama bisa membuat Anda merasa grogi. Jadi, jika Anda bisa mencuri waktu untuk tidur siang, jangan lupa nyalakan alarm.

4. Perbanyak Tawa
Tertawa bahagia bisa membuat stres meleleh dengan segera. Tambahan lagi, bisa menurunkan tekanan darah dan detak jantung, menambah oksigen dalam darah, dan menciptakan enzim yang membantu melindungi perut Anda dari efek stres. Sayangnya, orang dewasa sudah jarang tertawa. ”Rata-rata, anak-anak tertawa antara 80-100 kali per hari. Ketika kita mencapai kedewasaan, rata-rata kita tertawa antara 5-6 kali per hari. Anda hanya perlu melihat anak-anak untuk mengapresiasi hubungan antara humor dan menikmati hidup. Anak-anak bisa menertawakan apa pun, bahkan jika Anda bertanya-tanya dalam diri sendiri apa yang lucu dalam hal sederhana. Jadi, usahakan untuk tertawa lebih banyak bersama rekan sekerja Anda sesering mungkin. Lihat perbedaannya.

5. Bervariasilah
Duduk menjawab telepon seharian atau mengisi tugas-tugas di depan meja 6 jam tanpa henti bisa sangat membosankan. Ubah rutinitas pekerjaan Anda sehari-hari dengan berjalan-jalan, tidur siang berkualitas, makan siang di luar, atau mengubah cara Anda menyelesaikan pekerjaan bisa membebaskan Anda dari rasa jenuh.

sumber : kompas

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: