Zahir Ali, Sinar Baru Indonesia di A1GP

GAUTENG, SELASA — Pebalap tim A1 Indonesia, Zahir Ali, kebanjiran pujian. Keberhasilannya finis kesembilan setelah start dari urutan ke-18 mengantar Indonesia meraih poin pertama pada kejuaraan balap mobil formula A1GP musim 2008/2009.

”Ia adalah pebalap kelas dunia yang berasal dari Indonesia. Tidak membuat kesalahan dan menjalani pit stop serta mengatasi tekanan dengan baik,” kata Bagoes Hermanto, principal tim A1 Indonesia, seusai lomba seri kelima A1GP di Gauteng, Afrika Selatan, Minggu (22/2).

Manajer Tim A1 Indonesia Bobby Issazadhe tak ketinggalan memberi pujian. ”Zahir membalap dengan luar biasa. Padahal, kesempatannya sangat sedikit untuk menjajal trek,” ujar pria berdarah Swedia-Iran yang kenyang mengurusi aspek teknik tim-tim balap di Eropa.

Mobil tim A1 Indonesia mengalami problem pompa bahan bakar, Jumat (20/2). Zahir tidak bisa mengikuti sesi latihan pertama yang diperuntukkan bagi pendatang baru. Sabtu pagi, saat menjajal mobil, baru beberapa lap, mobil Zahir terbakar karena problem kabel.

Kerusakan begitu parah sampai Zahir tidak bisa mengikuti kualifikasi. Ia pun harus start dari posisi ke-20 pada sprint race. Berjuang mati-matian, Zahir bisa finis ke-18.

Mobilnya saat itu ternyata masih rusak. ”Seperti mimpi buruk. Pada beberapa lap awal saya tidak bisa memilih persneling. Lalu, problem pompa bahan bakar kambuh lagi. Saya hanya berusaha untuk finis,” kata Zahir.

Pada feature race yang diwarnai dengan sejumlah kecelakaan, Zahir yang start dari urutan ke-18 terhindar dari kesalahan, seperti melintir dan menabrak.

Ia menyalip pebalap tim Amerika Serikat, Marco Andretti, yang juga pebalap Indy Racing League (IRL), di trek, bukan di pit stop. Sayangnya, saat pit stop, Andretti kembali menyalip Zahir.

Feature race yang merupakan kesempatan kedua Zahir mengikuti lomba A1GP berakhir manis. Dia finis kesembilan dan mendulang poin dua. ”Pompa bahan bakar ngadat lagi. Saya berjuang mengatasinya sepanjang feature race,” ujar Zahir dikutip siaran pers A1 Indonesia.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: