Samsung SCX-4300, Laser Mono Kompak

samsung-scx-4300Dibandingkan ukuran printer inkjet yang relatif tetap, printer laser mengalami penyusutan fisik yang signifikan dari waktu ke waktu. Bahkan, kian hari semakin menyerupai model inkjet.

Ini dibuktikan Samsung melalui multifungsi laser all-in-one yang disebut SCX-4300 ini. Produk ini merupakan salah satu multifungsi laser monokrom andalan Samsung, dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna personal yang mungkin merasa kurang puas dengan kecepatan printer inkjet. Ditilik dari ukuran fisiknya, printer dengan panjang 40 cm dan tinggi 23 cm ini memang mirip multifungsi inkjet umumnya saat ini.

Meskipun tubuh SCX-4300 kecil, bukan berarti ada yang dikorbankan. Bakinya ternyata mampu menampung sekitar 250 lembar ukuran A4. Sayangnya, laci kertas multiformat (multipurpose) hanya mengizinkan pengguna meletakkan selembar kertas (dalam berbagai tipe dan ukuran).

Karena ditujukan sebagai pencetak kelas entry level, SCX-4300 hanya menempatkan memori internal ( buffer ) 8MB untuk menampung data (kapasitas ini tidak bisa ditambah). Kemampuan cetak maksimum pun hanya mencapai resolusi 600 x 600 dpi, yang berarti hanya setengah dari produk kelas mid-end. Toh di balik kekurangan ini muncul banyak hal menguntungkan lain, seperti hemat tempat, praktis, hemat listrik, dan yang terpenting harganya yang lebih terjangkau.

Sebagai perangkat multifungsi, SCX-4300 tetap menawarkan fasilitas scan-print-copy yang lengkap dan layak juga untuk memenuhi kebutuhan kantor. Salah satu fitur menarik adalah ID Copy, yang berguna untuk memudahkan penggandaan kartu identitas (seperti KTP, KTM, atau SIM) secara bolak-balik lalu mencetaknya dalam satu kertas secara otomatis.

Proses cetak yang lebih hemat juga dimungkinkan berkat adanya pilihan Save Toner. Pada kondisi standar, toner ini mampu dipakai mencetak sampai 1.000 lembar kertas ukuran A4. Namun dengan Save Toner, pengguna dimungkinkan mencetak kertas sampai 2.000 lembar. Pengguna juga dapat memantau status toner melalui icon small panel yang tersedia.

Guna mendukung penggunaannya, SCX-4300 didampingi aplikasi SmarThru 4 yang membantu pengguna melakukan proses scanning, copying, dan printing dokumen. Pengguna juga tidak perlu cemas bila tiba-tiba timbul masalah teknis karena produsen asal Korea ini telah menyiapkan tool “Samsung Dr. Printer”. Fitur ini mampu mengenali dan menganalisis kerusakan yang terjadi, secara hardware maupun software. Syaratnya, PC pengguna harus terhubung ke Internet.

Hasil cetaknya tajam meskipun masih memunculkan tampilan gerigi pada karakter tertentu. Kekurangan lain muncul juga pada proses copy. Saat melakukan proses copy pada dokumen berwarna abu-abu dengan gradasi tinggi, hasil cetak SCX-4300 seringkali cenderung memudarkan tingkat gradasi ini.
***

Meskipun tidak secepat printer laser model mid-end lainnya, Samsung SCX-4300 tergolong lebih cepat mencetak dibandingkan printer inkjet. Dengan kecepatan cetak rata-rata 18 lembar/menit, SCX-4300 ini sudah cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau kantor kecil.

Minusnya pilihan koneksi ke jaringan komputer lokal (LAN) menjadi kelemahan perangkat ini. Namun harga sekitar Rp 2 juta ini memang membuatnya cukup menarik untuk dilirik. Printer ini telah terbukti berfungsi sebagai perangkat multifungsi serba bisa, yang sangat memadai bagi home user dan juga SOHO.
Sumber: InfoKomputer

Hasil Pengujian
Karena perangkat multifungsi laser monokrom terbilang jarang, kami tidak memiliki pembanding yang setara untuk Samsung SCX-4300. Namun jika melihat kecepatan FPOT-nya yang sekitar 12 detik, printer ini memiliki kemampuan yang bisa diandalkan.

Waktu cetak (menit:detik)
5 hal cetak teks mono: 25 detik
5 hal cetak teks + grafis: 26 detik
FPOT cetak teks mono: 12 detik
5 hal copy teks mono: 23 detik
5 hal copy teks + grafis: 23 detik
FPOT copy teks mono: 10 detik

PLUS: Ukuran kompak; multifungsi; dukungan aplikasi pengolah dokumen; adanya menu status; ekonomis; hemat listrik.

MINUS: Tanpa koneksi LAN; resolusi rendah; gradasi kurang detail.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
-Kinerja : 4
-Fasilitas : 4,25
-Penggunaan : 4
-Harga : 5
SKOR TOTAL : 4,23

SPESIFIKASI Samsung SCX-4300
Teknologi cetak: Laser Monokrom
Resolusi (black/colour): 600×600 dpi
Memori: 8MB
Kapasitas kertas (total):
Multipurpose : 1 lembar
Tray: 250 lembar
Jenis kertas: Kertas A4, label, amplop, dan transparansi.
Sebagai SCANNER
Teknologi: Colour Flatbed CIS
Resolusi (optis/interpolasi): 600×2400 dpi(optical); 4800×4800 dpi (interpolated)
Kedalaman warna:-
Sebagai COPIER
Pengecilan/perbesaran : 50-200 %
Resolusi : 600×600 dpi (enhanced)
Fasilitas copy: 2-Up, 4-Up, 16-Up, Autofit, Clone, Poster Copy, ID cardcopy.
SPESIFIKASI UMUM
Siklus pakai: 10.000 halaman/bulan
Koneksi: USB 2.0
Sistem operasi: Windows 98/Me/2000/XP/Mac
Bobot: 9,4kg
Dimensi (plt) : 40,6×37,6×23,1 cm
Konsumsi listrik (aktif/stanby/sleep): 350/70/10 watt
Situs Web: http://www.samsung.com
Harga kisaran*:US$ 199
Harga cartridge:-
* Samsung Electronics Indonesia, (021) 5299-1777

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: