Jaga Perilaku Pegawai Negeri, China Awasi Warna Rambut

Perilaku pegawai negeri di sebuah negara bisa jadi cermin negara itu. Selain tingkah laku, rupanya penampilan juga dinilai penting.

Demi meningkatkan citra pegawai negeri, pemerintah sebuah kota di China bagian tengah memberlakukan aturan baru. Bukan melarang pegawai negeri memiliki istri lebih dari satu, tetapi melarang mereka berpenampilan terlalu ”meriah”.

”Pegawai negeri di Zhengzou tidak boleh mengecat rambut dengan warna yang tidak alami atau mengenakan pakaian yang terlalu berwarna-warni,” demikian bunyi peraturan baru Kota Zhengzhou, ibu kota Provinsi Henan, seperti dikutip Reuters, Senin (23/2). Mulai saat ini, sebut peraturan itu, pejabat kota Zhengzhou harus memastikan bahwa pakaian yang mereka kenakan serasi.

Secara khusus, peraturan itu menyebutkan ”jauhilah warna-warna cerah”. Kerapian dan kesopanan adalah peraturan setiap hari yang harus ditaati. ”Jangan berpakaian sembarangan,” lanjut peraturan itu. Zhengzhou lebih dikenal sebagai kota tempat bursa komoditas pertanian dan stasiun kereta apinya, bukan dari cita rasa gaya.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: